SYAIKH MUHAMMAD AMAN AL-JAMI (SINGA SUNNAH DARIHABASYAH)

Kumpulan Artikel Islami

SYAIKH MUHAMMAD AMAN AL-JAMI (SINGA SUNNAH DARIHABASYAH) Nama Dan Nasabnya

Beliau rahimahullah adalah Syaikh al-‘Allamah Abu AhmadMuhammad Aman bin Ali Jami Ali.

Kelahirannya

Beliau dilahirkan pada tahun 1349 H di desa Thagha Thab daerah Harar,Habasyah [Ethiopia], Afrika.

Pertumbuhan Ilmiah Dan Guru-Gurunya

Beliau rahimahullah tumbuh di desanya, Thagha Thab. Di situ,beliau belajar al-Qur’an hingga khatam kemudian belajar fiqh MadzhabSyafi’i. Beliau juga belajar bahasa Arab kepada Syaikh Muhammad Aminal-Harari.

Kemudian beliau meninggalkan desanya guna menuntut ilmu. Hinggabertemu sahabatnya dalam menuntut ilmu, Syaikh Abdul Karim. Keduanyapergi belajar Nazhm Zubad karya Ibnu Ruslan kepada Syaikh Musadan belajar matan Minhaj kepada Syaikh Abadir. Demikian pula, keduanyamempelajari beberapa bidang ilmu lainnya.

Keduanya lantas sepakat pergi ke Saudi Arabia dalam rangka ibadah hajidan menuntut ilmu. Mereka berdua melakukan perjalanan darat dariHabasyah menuju Somalia. Dari somalia melakukan perjalanan lewat lauthingga ke Aden, Yaman. Kemudian berjalan kaki hingga Mekkah.

Setelah menunaikan ibadah haji pada tahun 1369 H, beliau

rahimahullah memulai belajarnya dengan menghadiri halaqah-halaqahdi masjidil haram. Beliau belajar kepada Syaikh Abdur Razaq Hamzah,Syaikh Abdul Haq al-Hasyimi, Syaikh Abdullah ash-Shomali dan ulamalainnya.

Beliau berkenalan dengan Syaikh Abdul Aziz bin bin Baz rahimahullah[mantan mufti ‘am kerajaan Arab Saudi-red] dan menemaninya dalamperjalanan ke Riyadh ketika beliau masuk ke Ma’had Ilmi di Riyadh. Diantara rekan beliau ketika belajar di Ma’had Ilmi adalah Syaikh AbdulMuhsin bin Hamd al-Abbad dan Syaikh Ali bin Muhanna.

Di samping belajar di Ma’had Ilmi, beliau juga menghadirihalaqah-halaqah ilmu di Riyadh. Beliau menghadiri mejelis SyaikhMuhammad bin Ibrahim Alu Syaikh, Syaikh Abdur Rahman al-Afriqi, SyaikhAbdul Aziz bin Baz, Syaikh Muhammad al-Amin asy-Syinqithi, SyaikhHammad al-Anshari.

Beliau rahimahullah juga belajar kepada Syaikh Abdur RazzaqAfifi, Syaikh Muhammad Khalil Harras dan Syaikh Abdullah al-Qar’awi.

Pengabdiannya Kepada Kaum Muslimin

Beliau diusulkan oleh Syaikh Abdul Aziz bin Baz kepada Syaikh Muhammadbin Ibrahim, Mufti Saudi Arabia waktu itu, agar ditugaskan mengajar diMa’had Ilmi di Shamithah, daerah Jazan. Usulan ini disetujui SyaikhMuhammad bin Ibrahim.

Ketika Universitas Islam Madinah dibuka pada tahun 1381 H, beliaudipilih oleh Syaikh Abdul Aziz bin Baz sebagai salah seorangpengajarnya dalam mata kuliah aqidah.

Beliau juga ditugaskan sebagai pengajar di masjid Nabawi dalam bidangaqidah.

Beliau kerahkan upaya beliau dalam dakwah ilallah di dalam dan di luarnegeri Saudi selama kurang lebih 40 tahun, menjelaskan aqidahsalafiyah dan membantah ahli bid’ah serta orang-orang yang menyelewengdari jalan yang lurus. Beliau memiliki andil besar dalam menjelaskanperbedaan-perbedaan yang mendasar antara manhaj salafi danmanhaj-manhaj bid’ah yang hendak memalingkan umat dari manhaj Nabishallallahu alaihi wasallam dan para sahabatnya. Kerena kegigihandakwah inilah, beliau banyak mendapat rintangan dan gangguan. Tidakhenti-hentinya para pemilik kesesatan melontarkan tuduhan-tuduhan danperkataan-perkataan yang tidak pantas kepada beliau. Sampai-sampai adayang berusaha memberikan gangguang fisik kepada beliau. Akan tetapi,tidak henti-hentinya pula beliau membela dakwah salafiyah dengan penuhkesabaran dan mengharap keridhaan Alloh, hingga beliau wafat.

Akhlaknya

Beliau dikenal gigih dalam melakukan nasihat terhadap Alloh, Rasul-Nya,para pemimpin kaum muslimin, dan orang-orang awam. Beliau jarangbergaul dengan manusia kecuali dalam kebaikan. Beliau selalu menjagawaktu-waktunya. Kebiasaan beliau dikenal banyak orang; keluar darirumahnya mengajar di Jami’ah, kemudian pulang ke rumah, lalu ke masjidNabawi menyampaikan ta’limnya sesudah Ashar, sesudah Maghrib, sesudahIsya’ dan sesudah Fajar. Begitulah jadwal beliau, sampai beliaumengalami sakit keras hingga meninggal dunia. Beliau dikenal menjagalisannya, tidak mengejek, tidak mencela dan tidak mengghibah. Bahkanbeliau tidak mengizinkan seorangpun melakukan ghibah dan menyebut aibmanusia di hadapannya. Ketika terjadi suatu kesalahan pada sebagianpanuntut ilmu pada suatu kaset atau kitab, beliau mendengarkan ataumembacanya. Jika nampak bagi beliau kesalahan tersebut, beliau lakukannasihat terhadapnya. Beliau dikenal lembut dan pemaaf. Dengankelembutan dan sikap memaafkan, beliau hadapi ujian, makar dangangguan. Beliau memiliki perhatian yang sangat besar kepadamurid-muridnya. Beliau hadiri undangan-undangan mereka. Menanyakankeadaan mereka dan mengatasi sebagian permasalahan keluarga mereka.Ringkasnya, beliau membantu mereka dengan harta, waktu dankedudukannya.

Pujian Para Ulama Kepadanya

Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullah berkata, “Beliau dikenaldengan keilmuannya, keutamaannya, kelurusan aqidahnya dan kegigihandakwahnya kepada Alloh serta memperingatkan dari bid’ah dan khurafat.Semoga Alloh mengampuninya, menempatkannya dalam keluasan surga-Nya,memperbagus keturunannya dan semoga Alloh mengumpulkan kita semua danbeliau di negeri kemuliaan-Nya.”

Dalam kesempatan lain, Syaikh Abdul Aziz bin Baz rahimahullahberkata. “Syaikh Muhammad Aman al-Jami dan Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali,keduanya termasuk Ahli Sunnah. Keduanya dikenal dengan keilmuan,keutamaan dan kelurusan aqidahnya. Syaikh Muhammad Aman al-Jami telahwafat pada malam kamis 27 Sya’ban tahun ini. Aku berwasiat agardipelajari kitab-kitab keduanya. Aku memohon agar Alloh memberikantaufiq kepada kita semua pada apa yang dia cintai dan dia ridhai.”

Syaikh Abdul Muhsin bin Hamd al-Abbad berkata, “Aku mengenal SyaikhMuhammad Aman al-Jami ketika belajar di ma’had ilmi Riyadh dan sebagaidosen di Universitas Islam Madinah. Aku mengenal beliau dengankelurusan aqidah dan keselamatan arah. Beliau memiliki perhatian yangbesar dalam menjelaskan aqidah salaf dan memperingatkan darikebid’ahan di dalam ta’lim-ta’limnya, ceramah-ceramahnya dantulisan-tulisannya. Semoga Alloh mengampuninya, merahmatinya danmemberikan pahala yang berlimpah kepadanya.”

Syaikh Shalih al-Fauzan berkata, “Orang-orang yang berilmu danmemiliki ijazah ilmiah banyak sekali. Tetapi sedikit dari mereka yangbisa memanfaatkan dan memberikan faedah dari ilmunya. Syaikh MuhammadAman al-Jami termasuk kelompok sedikit dari para ulama yangmengarahkan ilmu dan upaya mereka memberikan faedah dan mengarahkankaum muslimin dengan dakwah kepada Alloh melalui ta’lim-ta’limnya diJami’ah Islamiyah dan masjid Nabawi serta dalam perjalanan dakwahnyadi dalam dan luar Saudi, menyeru kepada tauhid, menyebarkan aqidahyang shahih, mengarahkan para pemuda umat ini kepada manhaj salafushshalih dan memperingatkan mereka dari pemikiran-pemikiran yang merusakdan seruan-seruan yang menyesatkan. Siapa saja yang belum mengenalnyasecara langsung, bisa mengenal melalui kitab-kitabnya dankaset-kasetnya yang bermanfaat, yang menampakan keluasan ilmunya.Beliau terus melanjutkan kebaikan amalnya hingga beliau wafat. Beliautinggalkan ilmu yang bermanfaat, yang terwujud pada murid-muridnya dankitab-kitabnya. Semoga Alloh merahmatinya dan membalasnya dengankebaikan.”

Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali berkata, “ Adapun Syaikh MuahammadAman, aku tidak mengetahui beliau kecuali seorang yang beriman,bertauhid, salafi, faqih dalam agamanya, dan mempuni dalam ilmu aqidah.Tidak pernah kulihat yang lebih bagus darinya dalam memaparkan aqidah.Beliau telah mengajarkan kepada kami al-Wasithiyah dan al-Hamawiyahsaat di marhalah Tsanawiyah. Tidak pernah kami melihat yang lebihbagus dari beliau dalam memahamkan para murid. Kami mengenal beliaudengan akhlak yang mulia, tawadhu dan kewibawaan. Kami memohon kepadaAlloh agar mengangkat derajat beliau di surga dengan sebabcelaan-celaan dan perkataan-perkataan yang tidak pantas dari ahlulahwa’ [pengikut hawa nafsu] kepadanya. Terakhir, beliau meninggaldengan berwasiat agar selalu berpegang teguh dengan aqidah yang shahih,berwasiat kepada para ulama agar memperhatikan masalah aqidah. Inimenunjukan kejujurannya â€"insya Alloh- dalam keimanannya dan dalil ataskhusnul khatimahnya. Semoga Alloh selalu mencurahkan kepada kita danbeliau rahmat dan keridhaanNya.”

Syaikh Muhammad bin Ali bin Muhammad Tsani berkata, “Beliau adalahseorang ulama salafi. Merupakan teladan utama dalam dakwah islamiyah.Beliau memiliki ceramah-ceramah di masjid-masjid danpertemuan-pertemuan ilmiah di dalam dan luar negeri. Beliau memilikitulisan-tulisan dalam masalah aqidah dan yang lainnya. Semoga Allohmemberikan balasan sebaik-baiknya kepada beliau dan mencurahkan pahalayang banyak di akhirat.”

Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab al-Banna berkata, “Beliau adalahsebaik-baik yang kami cintai dalam keluhuran akhlaknya, kelurusanaqidahnya, dan kebagusan pergaulannya.”

Syaikh Muhammad bin Hamud al-Waili berkata, “Aku mulai mengenal SyaikhMuhammad Aman al-Jami pada tahun 1381 H ketika daulah Saudi Arabiamendirikan Universitas Islam Madinah. Beliau termasuk para pengajaryang pertama ditugaskan di Universitas tersebut, sedangkan aku salahseorang mahasiswanya. Beliau termasuk diantara para masyayikh yangmemberikan perhatian yang khusus kepada para murid sehingga merekatidak berhenti dalam hubungan pengajaran. Pada kebanyakan ta’limnya,beliau memiliki perhatian yang besar dalam menjelaskan aqidah salafushshalih dalam pelajaran aqidah maupun yang lainnya.

Ketika menjelaskan aqidah salafush shalih dan berusaha menanamkannyadalam jiwa para muridnya yang berasal dari seluruh penjuru negeri,beliau sampaikan dengan gaya bahasa yang mereka mengerti. Karenabeliau telah merasakan keindahan aqidah salaf dan menelaahkedalamannya, sampai-sampai seorang yang mendengar dan menyaksikanbeliau ketika berbicara tentang aqidah salaf merasakan hatinya merasacinta dan terikat dengan aqidah salaf. Beliau memiliki banyak rihlahdakwah dan ta’lim di luar negeri Saudi. Tidak pernah datang suatukesempatan melainkan beliau gunakan untuk menjelaskan keagungan dankejernihan aqidah salaf dengan penjelasan yang memuaskan. Orang yangmembaca tulisan-tulisan dan risalah beliau akan meraba kebenarandakwahnya. Saya hadir ketika beliau mempertahankan disertasi doktornyadi Darul Ulum cabang Universitas Kairo Mesir. Beliau berupaya di dalamdisertasinya tersebut menjelaskan kejernihan aqidah salaf dankeselamatan manhaj salaf. Beliau singkapkan keborokan setiap manhajyang menyeleweng dari aqidah salaf serta kebatilan setiap tuduhan yangdiarahkan kepada para penyeru aqidah salaf yang menghabiskan umurnyamenyeru dan mengabdi kepada aqidah salaf. Beliau juga mematahkansetiap perkataan dan syubhat para pemilik kebatilan yang berusahamenjatuhkan manhaj salaf.

Ringkasnya, beliau begitu mendalam kecintaannya terhadap aqidahsalafush shalih, ikhlas dalam mendakwahkannya, begitu gigih dalammembelanya, serta pemberani di dalam menyampaikan kebenaran. SemogaAlloh mengampuni beliau dan kita semua.”

Murid-Muridnya

Di antara murid-muridnya: Syaikh Rabi’ bin Hadi al-Madkhali, SyaikhZaid bin Hadi al-Madkhali, Syaikh Ali bin Nashir Faqihi, SyaikhMuhammad bin Hamud al-Waili, Syaikh Abdul Qadir bin Habibullah as-Sindi,Syaikh Shalih bin Sa’d as-Suhaimi, Syaikh Bakr bin Abdullah Abu Zaid,Syaikh Falih bin bin Nafi’ al-Harbi, Syaikh Shalih ar-Rifa’i, SyaikhFalah Isma’il, Syaikh Falah bin Tsani, Syaikh Ibrahim bin Amirar-Ruhaili, dan masih banyak lagi selain mereka.

Tulisan-Tulisannya

Di antara tulisan-tulisan beliau: Sifat Ilahiyyah fil Kitab wasSunnah Nabawiyyah fi Dhau’il Itsbat wa Tanzih, Manzilatus Sunnah fiTasyri’ Islami, Majmu’ Rasa’il Jami’ Fil aqidah was Sunnah, AqidahIslamiyyah wa Tarikhuha Haqiqatu Demokratiah wa Annaha Laisat minalIslam, Haqiqatusy Syura fil Islam, Adhwa’ ‘ala Thariqi Da’wah filIslam, Tahhih Mafahim fi Jawaniba minal aqidah, Muhadharah Difa’iyyahanis Sunnah Muhammadiyyah, aql wa Naql ‘inda Ibnu Rusyd, ThariqatulIslam fi Tarbiyyah, Masyakilu Da’wah wa Du’at fi Ashril Hadits Islamfi Afriqia Abra Tarikh, dan yang lainnya.

Wafatnya

Syaikh Muhammad Aman al-Jami wafat di Madinah pada waktu pagi hariRabu 26 Sya’ban 1416 H dan dimakamkan di pekuburan Baqi’ Madinah.Semoga Alloh meridhainya dan menempatkannya dalam keluasan jannah-Nya.

Rujukan

1. Tarjamah Syaikh Muhammad Aman al-Jami oleh Syaikh Musthafa binabdul Qadir al-Fullani

2. Website: sahab as-Salafiyyah

[SUMBER: Al-Furqon Edisi 4 Tahun V / Dzulqo’dah 1426 H dengan sedikitperubahan]

Artikel SYAIKH MUHAMMAD AMAN AL-JAMI (SINGA SUNNAH DARIHABASYAH) diambil dari http://www.asofwah.or.id
SYAIKH MUHAMMAD AMAN AL-JAMI (SINGA SUNNAH DARIHABASYAH).

0 komentar:

Posting Komentar

Tentang Saya

Arsip Blog


Followers